Rabu, 26 April 2017

INILAH ICON JAKARTA (Soft News)





INILAH ICON JAKARTA




Agnes Ferany | Jum'at, 21 April 2017 | 09:44 WIB
Diterbitkan: 26/4/2017 20:56
Patung ondel-ondel ada di stasiun pasar senen, Agnes (5 April 2017)

JAKARTA,  Toto Kurniawan, yang sering di panggil oto, salah satu dari anggota kebersihan di Stasiun Pasar Senen tepatnya di  Senen,  Jl. Let. Jen. Suprapto-Kramat Bunder, DKI Jakarta, Jakarta Pusat, 10410. Pak oto sangat tau tentang denah Stasiun Pasar Senen ini, ketika ditanyakan mengenai “ mengapa patung ondel-ondel yang ada di stasiun pasar senen ini?” pak oto langsung menjawab, karena itu dari ciri khas orang Jakarta dengan budaya betawi harus kita jaga”
            Memang benar yang di katakan pak oto itu, Indonesia memang sangat banyak budayanya tinggal kita sendiri sebagai warganya agar menjaga dan melestarikan budaya kita sendiri. Tak hanya di stasiun pasar senen saja yang ada patung ondel-ondelnya, melainkan ada patung ondel-ondel juga yang setinggi 9 meter di Kemayoran, Jakarta, yang katanya itu adalah icon baru kota Jakarta.

            Layaknya seperti manusia, ondel-ondel juga mememili jenis kelamin. Tidak sulit untuk membedakannya ondel-ondel laki-laki dan perempuan. Biasanya jika wajah perempuan itu  akan di cat warna putih. Ondel-ondel perempuan juga memiliki mata yang besar, namun tidak melotot, Bibirnya tersenyum di tambah riasan gincu, dianggap sebagai simbol kekuatan baik dan kesucian, sedangkan wajah laki-laki akan di cat dengan warna merah, tak lupa kumisnya. Wajah tersebut di buat dengan maskud menimbulkan kesan keberanian dan semangat. (nes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar